Penelusuran Sejarah Sub Suku Usba, Upaya Mengangkat Jati Diri Suku Byak di Raja Ampat

0

Loading

PBDNEWS.COM,DOREIKAR- Dewan Adat  Sub Suku Usba mengadakan rapat kerja yang diselenggarakan bersama para kepala adat 5 marga yang terdapat di Doreikar, Kabupaten Raja Ampat Propinsi Papua Barat Daya

Rapat kerja diselenggarakan guna membahas dua agenda. Agenda Pertama yakni musyawarah masyarakat adat untuk penentuan calon wakil Sub Suku Usba untuk diajukan pada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) asal adat Sub Suka Usba Raja Ampat. Hasil dari musyawarah ini akan diajukan sebagai usulan perwakilan bersama dengan Sub Suku Wardo.

Charles Imbir, Ketua Dewan Adat Sub Suku Usba Kabupaten Raja Ampat ( Foto: Ist/Pbdnews)

Agenda kedua rapat kerja membahas tentang dimulainya proses penulisan sejarah Sub Suku Usba. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melengkapi dokumen kesejarahan 5 marga besar yang bernaung di Sub Suku Usba, yaitu Rumbewas, Imbir, Umpes, Mambrisau dan Burdam. 

“Ini merupakan langkah awal pendokumentasian sejarah Sub Suku Usba. Dengan melibatkan, generasi muda Doreikar, kegiatan ini akan menggali cerita tutur dari para orang tua yang selama ini hanya tersimpan dalam bentuk cerita untuk dibukukan, sehingga bisa dibaca kembali dan menjadi bahan pendidikan generasi selanjutnya,” ujar Charles Imbir kata Ketua Adat Sub Suku Usba.

Upaya penelusuran sejarah Sub Suku Usba yang marganya juga tersebar di berbagai wilayah di Raja Ampat dilakukan dengan menelusuri sumber-sumber cerita dan penelusuran peristiwa-peristiwa sejarah pelayaran Suku Byak. 

“Penulisan buku ini merupakan keputusan dari Dewan Adat Sub Suku Usba pada tahun 2022 dan secara bertahap dilaksanakan. Karena ini merupakan kerja panjang yang tidak diselesaikan dalam waktu singkat, mengingat panjangnya rentang sejarah yang telah terlewati,” imbuh Charles.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *