Charles Imbir, Mantan Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Papua Barat (DKR). Komitmen Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat Raja Ampat

0

Charles Imbir Calon Bupati Raja Ampat Yang Berpasangan Dengan Reynold Bula, Tahun 2009 Pernah Menjabat Sebagai Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Papua Barat ( Foto: Ist/Pbdnews)

Loading

PBDNEWS.COM, WAISAI – Charles Imbir memiliki rekam jejak panjang dalam advokasi kesehatan di Papua. Salah satu pencapaian pentingnya adalah peran besar dalam pembentukan Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), sebuah organisasi masyarakat yang didirikan oleh DR. Dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K) pada tahun 2008. Charles menjadi salah satu penggagas utama dan koordinator pembentukan DKR di Papua, hingga akhirnya menjabat sebagai Ketua DKR Papua Barat pada tahun 2009.

Bersama mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Charles berkomitmen memperjuangkan akses kesehatan bagi masyarakat Papua dan terlebih khusus masyarakat Raja Ampat. Melalui program Jamkesmas, Charles memastikan bahwa seluruh masyarakat Papua dan masyarakat Raja Ampat mendapatkan pengobatan gratis untuk semua penyakit tanpa kendala administrasi atau pungutan. Ia juga aktif mendirikan kampung siaga di wilayah Papua Barat, memungkinkan masyarakat untuk mandiri dalam menjaga kesehatan dan lingkungan mereka, terutama saat menghadapi bencana atau wabah penyakit.

Tak hanya itu, Charles juga berperan aktif dalam memberikan masukan penting terkait BPJS Kesehatan, dengan gagasan bahwa kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dan non-upah harus sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

Selama menjabat sebagai anggota DPRK dari tahun 2009 hingga 2024, Charles Imbir bersama Reinold Bula berperan besar dalam penyusunan Peraturan Daerah Kabupaten Raja Ampat yang mengatur jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan gratis. Melalui peraturan ini, pemerintah daerah diwajibkan untuk memberikan perlindungan dan layanan kesehatan maksimal secara cuma-cuma kepada tenaga kerja serta golongan masyarakat non-upah.

Charles Imbir dan Reynold Bula dikenal sebagai pemimpin yang konsisten dan berkomitmen terhadap kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya di Kabupaten Raja Ampat. Keduanya telah terbukti terus memperjuangkan kepentingan masyarakat dengan konsistensi dalam memajukan layanan kesehatan dan kesejahteraan sosial. Jika Raja Ampat ingin terus berkembang, Charles Imbir dan Reynol Bula adalah pilihan tepat untuk memimpin daerah ini menuju masa depan yang lebih baik.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *