Ketua Dewan Adat Sub Suku Byak, Charles Imbir Kunjungi Tempat Pembuatan Perahu Tradisional Wairon

0

Ketua Dewan Adat Sun Suku Byak, Charles Imbir saat mengunjungi Tempat Pembuatan Perahu Tradisional Warion( Foto: Ist/pbd)

Loading

PBDNWES.COM, YENBEKAKI–Charles Imbir, Ketua Dewan Adat Sub Suku Usba Raja Ampat ketika dalam perjalanan menuju Dorehkar-Pulau Ayau 25/07/2024, menyempatkan diri untuk mampir berkunjung ke tempat pembuatan perahu tradisional Wairon yang berada di Yenbekaki. Perahu Wairon adalah perahu tradisional suku Byak yang merupakan suku besar dari sub suku Usba. 

Sebuah perahu wairon yang merupakan simbol kegagahan suku Byak di laut saat ini sudah mulai punah karena tidak lagi banyak yang menggunakan. Sebuah upaya kolaborasi dari akademisi, lembaga kebudayaan dan tokoh adat di Jayapura dan Sorong berinisiatif membangun perahu tradisional Wairon di Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat. 

Pembangunan ini sengaja dilakukan di Raja Ampat untuk meneguhkan hubungan kesejarahan erat antara Suku Byak di Pulau Byak dengan Raja Ampat. 

Charles Imbir sebagai Ketua Dewan Adat Sub Suku Usba di Raja Ampat berkesempatan meninjau langsung proses pembuatan perahu di Yenbekaki.

 “Sebagai Suku Byak di Raja Ampat, pembangunan perahu ini merupakan hal yang membanggakan dan dapat menjadi upaya Re-Edukasi masyarakat Suku Byak di Raja Ampat mengenai perahu tradisional leluhur mereka.” ujar Charles 

Perahu Wairon yang dibangun memiliki panjang sekitar 20 meter dan dijadwalkan akan diselesaikan pada bulan Agustus 2024. 

“Saya berharap pembangunan perahu Wairon ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat suku Byak di Raja Ampat untuk menggali kembali tradisi asli leluhur Suku Byak ,” tandas Charles.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *