Jaksa Diminta Hadirkan Kapolsek Doom Sebagai Saksi

0

Direktur YLBH Kasih Indah Papua, Yance Dasnarebo, S.H

Loading

PBDNEWS.COM, SORONG- Direktur YLBH KASIH INDAH PAPUA, Yance Dasnarebo SH, Meminta kepada jaksa menghadirkan kapolsek Doom Kepulauan hadir sebagai saksi dalam ruang sidang.

Team YLBH Kasih Indah Papua saat bersidang di Pengadilan Negeri Sorong , tertanggal 18 September 2024 Dengan Agenda Pemeriksaan Saksi Dari Kepolisian Polsek Doom dihadirkan oleh. saudara Jaksa pada Sidang tertanggal,18 September 2024, telah memeriksa 3 orang saksi dari anggota Polri  Polsek Sorong Doom Kepulauan.

Saksi tersebut dipisahkan sendiri-sendiri Dengan nomor perkara : 177/Pid.B/2024/Pn.Song.  dugaan Tindak Pidana kejahatan terhadap Kepentingan Umum sebagai mana di atur dalam Pasal 170 KUHP Pidana.

Dalam sidang tersebut Saudara Jaksa tidak menghadirkan saksi atas Nama Sendy Wanggai selaku pimpinan Kapolsek Doom yang namanya tercatat didalam Berita Acara Pemeriksaan ( BAP), maka dengan itu kami Kuasa Hukum dari 10 Terdakwa  Meminta kepada Majelis Hakim  menghadirkan Saksi atas nama Sendi Wanggai selaku Kapolsek Doom.

Karena dari Keterangan  3 orang Saksi yang dihadirkan dan  diperiksa depan  persidangan menyebutkan bahwa audari saksi yaitu Sendi Wanggai selaku Kapolsek Doom yang memerintahkan 3 orang Saksi untuk  memberikan keterangan tentang 10 Orang Terdakwa yang menurut Keterangan tidak pernah melihat 10 Terdakwa terlibat dalam aksi penyerangan Polsek Doom Sorong Kepulauan.

Sehingga menurut pandangan kami sebagai Team Kuasa Hukum harus Saudari Saksi hadir di Pengadilan Negeri Sorong untuk memberikan Keterangan agar kasus ini bisa terang benderang. Ujar Yance

Karena menurut keterangan dari 3 Orang Saksi dari Kepolisian Polsek Doom Kepulauan,  yang diperiksa terkait Insiden Penyerangan kantor Polsek Doom Kepulauan sekitar bulan April Tahun 2024 , menjelaskan bahwa mereka tidak melihat  10 Orang Terdakwa yang melakukan penyerangan, karena yang hadir waktu penyerangan itu , 100 orang bahkan ada lebih. ungkap saksi dari polisi Polsek Sorong Doom Kepulauan di depan Majelis Hakim di ruang sidang Pengadilan Negeri Sorong.

Namun Agenda Sidang hari ini Senin tanggal 23 September 2024 seharusnya Saksi atas nama Sendi Wanggai harus di hadirkan Oleh Saudara Jaksa namun karena alasan yang tidak berdasar maka kami Team Hukum keberatan kepada saudara jaksa dan Kami Team Hukum meminta agar sidang ditunda  ke Senin  depan.

Karena menurut kami alasan yang disampaikan Oleh Saudari Saksi selaku Kapolsek tidak Berdasarkan Surat dengan dalil yang disampaikan oleh saudara Jaksa bahwa Saksi atas nama Sendi Wanggai ada di luar kota, menurut kami bukan alasan yang tepat untuk tidak menghadiri panggilan sidang sebagai saksi, apalagi instruksi dari Majelis Hakim kepada Saudara Jaksa dalam ruang sidang Minggu kemarin pada hari Rabu tanggal 18 September 2024 saudara jaksa sendiri yang menyampaikan untuk menghadirkan Saudari Sendi Wanggai Selaku Kapolsek Doom Kepulauan. Tukasnya 

Namun sidang hari ini tanggal 23 September 2024 saudari saksi harus hadir, namun kenyataannya tidak hadir. Sebenarnya  ada apa ..?. kalau pun tidak hadir minimal ada surat dari Kapolda atau Kapolres selaku atasan, karena ini menyangkut institusi Polri.

Kami Team Hukum dari YLBH kasih indah Papua tetap meminta agar Saudara Jaksa Harus menghadirkan Saudari Sendi Wanggai selaku Kapolsek Doom. Untuk memberikan keterangan yang benar di hadapan Majelis Hakim yang memeriksa Perkara Ini.Tegas Yance sembari menambahkan tanggal 30 September 2024 saudara Jaksa harus hadirkan Sendi Wanggai Kapolsek Doom Sorong Kepulauan.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *