Bawaslu PBD Gelar Bintek Bagi Saksi Untuk Pemilu 2024

0

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat Daya menggelar kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) bagi saksi untu Pemilu 2024., Foto Ferry/PBD

Loading

PBDNEWS.COM, SORONG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat Daya menggelar kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) bagi saksi untu Pemilu 2024. Mengingat peran Saksi dari peserta Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) perannya sangat vital sebagai salah satu ujung tombak pemegang data dan fakta Peserta Pemilu.

Kehadiran Saksi peserta pemilu juga dapat mengajukan keberatan atas terjadinya kesalahan atau pelanggaran dalam proses pungut hitung ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS Pada saat Perhitungan Suara di TPS.

Kegiatan pelatihan dan Bimtek tersebut di laksanakan di Hotel Belagri Kota Sorong, Sabtu (23/12/2023), diikuti 18 Partai Politik peserta Pemilu 2024 dan Calon Anggota DPD RI Dapil Papua Barat Daya.

Ketua Bawaslu PBD Fadli Sampetoding menjelaskan pelatihan dan Bimtek yang digelar pihaknya didasari oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Didalamnya dijelaskan Bawaslu diberikan mandat untuk memberikan pelatihan kepada saksi dari peserta Pemilu.

“Kegiatan bimtek ini bertujuan agar memberikan pendidikan dan pembekalan bagi Saksi mengenai tata cara mengawasi proses pemilihan umum.,” kata Fadli, Sabtu (23/12/2023).

Fadli Sampetoding berharap pada saksi yang mengikuti pelatihan dan Bimtek memahami aturan sehingga dapat mengimplementasikan pada saat Pemilihan Umum berlangsung.

“Kita berharap agar para saksi tersebut ketika mengikuti pelatihan ini agar memberikan pemahaman politik yang baik dalam proses pemilihan berlangsung mengenai kejujuran dan transparan”, Harapnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *