Ketua KPU Raja Ampat Sebut Perekrutan Anggota KPPS Terbuka Untuk Umum

0

Kantor KPU Raja Ampat, Foto Hizkia/PBD

Loading

PBDNEWS.COM, WAISAI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat, Arsyad Sehwaky mengklasifikasi pemberitaan salah satu media online tanggal 13 Desember 2023 dengan judul “Miris, Pembentukan KPPS Kampung Meosmanggara Dipolitisir dan Tertutup”.

Dalam pemberitaan tersebut disebutkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kampung Meosmanggara dinilai sangat tertutup dengan Tahapan Pengumuman dan Pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pada Pemilu Tahun 2024.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Raja Ampat Arsyad Sehwaky yang ditemui di raung kerjanya Rabu (13/12/2023) mengatakan informasi terkait pengumuman perekrutan anggota KPPS Kampung Meosmanggara tertutup itu tidak benar.

“Jadi, informasi yang berkaitan dengan tidak adanya pengumuman yang dilakukan oleh PPS Kampung Meosmanggara itu tidak benar adanya,” kata Ketua KPU Raja Ampat Arsyad Sehwaky saat ditemui diruang kerjanya.

Arsyad Sehwaky menjelaskan bahwa pengumuman perekrutan anggota KPPS diumumkan secara nasional tanggal 11 November 2023 secara berjenjang dari KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota hingga penyelenggara pemilu tingkat bawah dalam hal ini PPD dan PPS.

“Bahwa pengumuman perekrutan KPPS itu dilaksanakan secara terbuka dan kemudian dipublikasikan atau diumumkan pengumumannya baik KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota hingga jajaran tingkat bawah dalam hal ini PPS,” ucap Arsyad seraya mengatakan pengumuman perekrutan anggota KPPS terbuka untuk umum.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil konfirmasi KPU Raja Ampat kepada PPD Distrik Waigeo Barat Kepulauan bahwa PPS Kampung Meosmanggara sudah mengumumkan perekrutan anggota KPPS.

Meski begitu, lanjut Arsyad Sehwaky meski PPS Kampung Meosmanggara belum sempat mengumumkan informasi perekrutan anggota KPPS pada tanggal 11 atau 12 November 2023 karena kendala lain di lapangan, Kata dia, PPS Kampung Meosmanggara masih bisa mengumumkan pada tanggal 13 November.

Karena sesuai jadwal KPU RI tahapan pengumuman perekrutan anggota KPPS dimulai dari Tanggal 11-15 November 2023 itu artinya PPS Kampung Meosmanggara masih bisa mengumumkan informasi perekrutan anggota KPPS sebelum tanggal 15 November berakhir.

“Misalkan saja PPS belum mengumumkan pengumuman perekrutan anggota KPPS pada tgl 11 November 2023 karena ada kendala di lapangan, menurut hemat kami, keterlambatan pengumuman perekrutan anggota KPPS bukan berarti pengumuman tertutup. Karena pengumuman pendaftaran itu mulai dari tanggal 11 – 15 November 2023, sehingga kalau mereka (PPS Kampung Meosmanggara) belum mengumumkan pada tanggal 11/12, mereka masih bisa mengumumkan,” lanjutnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, Ketua KPU Raja Ampat kembali menjelaskan bahwa Informasi pengumuman perekrutan anggota KPPS ini sudah diumumkan secara nasional baik KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota hingga Distrik, maka secara otomatis masyarakat setempat pun sudah mengetahui kapan, dimana, mereka bisa mengambil formulir dan bisa mendaftar.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *