Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pasar Tradisional dan PPI Klaligi Ramai di Kunjungi, Pedagang Antusias

0

Aktivitas pasar tradisional klaligi Kota Sorong, Sabtu (16/03/2024). Foto Doni/PBD

Loading

PBDNEWS.COM, SORONG – Memasuki sepekan bulan suci ramadhan 1445 H, aktivitas pasar sayur tradisional jembatan puri atau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI Klaligi) Kota Sorong Papua Barat Daya padat dikunjungi, Sabtu (16/03/2024).

Seorang pedagang bernama Ani yang diwawancarai mengatakan di bulan suci ramadhan seperti ini, bukan hanya kaum ibu saja, anak-anak remaja pun turut antusias mengunjungi pasar.

“Bukan saja kaum ibu-ibu, tampak juga anak dan remaja sangat antusias untuk membeli sayur untuk persiapan buka puasa dan stok-stok bahan pangan di pasar sayur juga kelihatan cukup yang penuh berkah ini yakni bulan suci Ramadhan,” ujar Ani.

Lebih lanjut wanita yang kesehariannya berjualan di ini mengatakan, Pasar PPI Klaligi mengalami peningkatan pengunjung di bulan suci ramadham karena operasional pasar tetap normal seperti biasanya walaupun pada saat bulan puasa.

“Meski terlihat sekali banyak harga bahan pangan agak naik, tapi tidak menurunkan semangat para pedangan di pasar tradisional, dan para konsumen pun tidak juga terlalu memikirkan harga pangan yang naik,” ujarnya.

Sementara itu, Sumardi salah satu pedangan bumbu eceran menuturkan sebelumnya barang dagangamlnnya sepih pembeli, namun di bulan suci ramadhan dagangannya nyaris dibeli setelah pengjunjung beli ikan dan sayur.

“Tapi malah sebaliknya ramai sekali karena memang banyak peminat ikan dan sayur sayuran,” jelas Sumardi.

Hal senada diungkapkan Askenas, warga yang tinggal di kompleks veteran disekitar pasar. Menurutnya saat ini pasar yang berada di dekat rumahnya itu padat dikunjungi. kata dia tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Dari tahun sebelumnya ke tahun sekarang itu sangat jauh sekali perbedaan pasar sayur tradisional ini, karena bisa dilihat dari keramaian warga yang mengunjungi pasar sayur tradisional ini,” kata dia.

Letaknya di pinggiran pantai Kota Sorong, Pasar ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena bukan hanya tempat bertemunya seorang pembeli dan penjual tetapi juga salah satu tempat terjadinya interaksi.

Dari pasar sayur tradisional ini ada juga pasar Ikan yang terletak di Kawasan PPI Klaligi, bagi warga yang berkunjung ke pasar ikan sangat membantu pedagang sayur karena setelah membeli ikan pengunjung bisa dapat langsung membeli bumbu dan sayur dengan harga yang bisa di jangkau.

“Pasar subuh di kawasan Pendaratan dan Pelelangan Ikan (PPI) ini, kunjungan warga sedikit ramai dari tahun sebelumnya, karena pada tahun sebelumnya terlihat sangat sepi sekali pengunjung yang membeli di pasar subuh,” ungkap Udin salah satu pedagang pasar Ikan.

“Harapan kami para pedagang ya semoga saja akan terus seperti ini keadaan pasar PPI karena tidak hanya kami pedagang yang merasa senang tetapi juga para pengunjung pasar juga kelihatan senang apa lagi dalam bulan suci Ramadhan,” Harap Udin.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *