Dewan Adat Sub Suku USBA Studi Banding Ke Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Propinsi Bali

0

Dewan Ada Sub Suku Usba Saat Melakukan Studi Banding Ke Dinas Pemajuan Masyarak Adat Propinsi Bali( Foto: Ist/Pbdnews)

Loading

PBDNEWS.COM, BALI- Dewan Adat Sub Suku Usba Kabupaten Raja Ampat, melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke Dinas Pemajuan mäsyarakat Adat Propinsi Bali.

Tujuan dari studi banding adalah untuk belajar bagaimaña mäsyarakat Adat dapat bersinergi dengan pemerintah dan sekaligus bertahan dan berkembang dalam dunia  Pariwisata International tetapi nilai Adat nya tetap, bahkan dihormati satu dunia. Hal itu ungkapkan oleh Charles Imbir, ST, M.Si yang juga sebagai pendamping dalam kegiatan  tersebut kepada media ini, Selasa 14/05/2024.

Waket II DPRK Raja Ampat, Charles A.M Imbir, S.T, M.Si saat Menerima Cindremata( Foto: Ist/Pbdnews)

” Kegiatan tersebut dimaksudkan agar nilai-nilai adat suatu daerah dalam bisa bertahan dan tetap eksis walaupun dunia pariwisata internasional sudah merambah masuk kedalam” ujar Chalres

Misalnya lanjut Charles jika hari Raya Nyepi di Bali semua penerbangan lokal dan international di stop kan,  tetapi momen tersebut mampu mendatangkan Touris dalam satu hari bisa mencapai 16 ribu Wisatawan. 

Studi banding Dewan Adat Sub Suku Usba saat Berdiskusi bersama Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Propinsi Bali ( Foto: Ist/Pbdnews)

Semua itu tergantung dari bagaimana hukum adat daerah tersebut dapat ditegakan oleh pecalang (polisi adat Bali) dan mampu bekerjasama dengan Polri serta aparat hukum dan keamanan lainnya. Ungkap Charles

Disatu sisi tidak terlepas dari peran hakim- hakim Adat yang selalu  berfungsi dalam masyarakat Bali. Hingga bagaimana mekanisme Adat dalam mengangkat kepala Adat dan mampu mengembangkan nilai Adat dan budaya, sekaligus dapat berinteraksi dengan Adat dan budaya lain yang masuk. jelas Chalres

Dalam kegiatan itu, Dewan Adat Sub Suku Usba didampingi Dinas Pariwisata Raja Ampat yang diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Bali dan satu kepala bidang dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Pose Bersama usai Pertemuan( Foto: Ist/Pbdnews)

Dimomen yang menarik itu, rombongan dari Raja Ampat disambut dengan sambutan yang hangat serta diskusi yang menarik dengan Dinas pemajuan masyarakat Adat yang merupakan satu satunya dinas yang hanya ada di  Propinsi Bali, di daerah lain seluruh Indonesia tidak ada dinas tersebut.

Diketahui bersama bahwa yang mengikuti kegiatan itu dari Dewan adat Sub Suku Usba masing-masing ada 3 kepala adat marga 2 Pjs Kepala Adat marga, 1 kepala Adat Kampung serta pengurus dewan Adat Sub Suku Usba, anggota dan kesekretariatan

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *