Dubes Vatikan Resmikan Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi Keuskupan Manokwari-Sorong

0

Dubes Vatikan untuk Indonesia, Nuncio Apostolik H.E. Archbishop Piero Pioppo mentabiskan gedung gereja baru St Yoseph Ayawasi Keuskupan Manokwari-Sorong pada Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, Ayawasi. Foto : Onesimus/pbdnews

Loading

PBDNEWS.COM, MAYBRAT – Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Nuncio Apostolik H.E. Archbishop Piero Pioppo mentabiskan gedung gereja baru St Yoseph Ayawasi Keuskupan Manokwari-Sorong pada Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, Ayawasi, Kamis (29/6/2023).

Nuncio Apostolik H.E. Archbishop Piero Pioppo memimpin Misa bersama dengan dua Uskup Metropolit, Uskup Agung Merauke; Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC dan Uskup Agung Pontianak; Mgr Agustinus Agus. Mereka juga didampingi oleh Uskup Manokwari-Sorong; Mgr Hilarion Datus Lega, Uskup Agats; Mgr Aloysius Murwito OFM, dan Uskup Jayapura; Mgr Yanuarius Theofilus Matopai You.

Saat perarakan terlihat ada sekitar 63 imam yang juga berperan sebagai konselebran, termasuk Sekretaris Nuncio Msgr. Michael Andrew. Rombongan tersebut dihantar ke gedung gereja oleh kelompok penari tarian Wuon dari daerah Maybrat.

Di depan gedung gereja baru, ketua panitia dan pelaksana pembangunan menyerahkan kunci kepada Keluarga kosho selaku pemilik hak ulayat, kemudian mereka menyerahkan kunci kepada Bapak Uskup; Mgr Hilaron Datus Lega, selanjutnya menyerahkan kunci kepada Duta Besar Vatikan; Mgr Pierro Pioppo selanjutnya melakukan pengguntingan pita dan pembukaan pintu Gedung Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi.

Para tamu undangan dan umat Katolik melaksanakan Perayaan Ekaristi dedikasi gedung gereja dan altar St Yoseph Ayawasi berlangsung meriah serta penuh hikmat dan sangat membangkitkan semangat untuk umat Katolik.

Di dalam homilinya, Nuncio Apostolik, Yang Mulia Mgr Piero Pioppo mengungkapkan bahwa Gedung Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi ini sangat megah seperti basilika di Roma. Ia berharap dengan adanya gedung gereja yang megah tersebut dapat menjadi sarana untuk memupuk persaudaraan di antara umat di Paroki St Yosep Ayawasi.

Bapa Uskup Manokwari-Sorong; Mgr Hilarion Datus Lega, menyampaikan ungkapan rasa terima kasih yang begitu besar kepada Nuncio Apostolik, Mgr. Piero Pioppo, karena sudah berkenan untuk mentahbiskan Gereja St Yosep Ayawasi. Baginya, kehadiran Nuncio Apostolik menjadi tanda kesatuan antara Gereja Universal dan gereja lokal Keuskupan Manokwari-Sorong di Tanah Papua.

Bapa Uskup Manokwari-Sorong Mgr Hilarion Datus mengutarakan bahwa pertemuan antara Nuncio dan anak-anak Sekami Paroki St Yosef Ayawasi pada Rabu 28 Juni 2023 akan dikenang seumur hidup. Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi Bapa Uskup Manokwari-Sorong dan segenap umat Keuskupan Manokwari-Sorong, khususnya Paroki St Yosep Ayawasi.

Pemberkatan dan peresmian Gereja St Yosep Ayawasi dapat terselenggara atas bantuan dan kepedulian banyak pihak, berupa tenaga, pemikiran dan finansial dari pemerintah daerah provinsi dan kabupaten, donatur lainnya, dan terlebih khusus umat paroki setempat.

Denga pernyataan dedikasi gereja dan altar, Gedung Gereja St Yosep Ayawasi dapat digunakan secara resmi hanya untuk peribadatan suci. Artinya, gereja tersebut sudah bisa dipakai untuk perayaan-perayaan ekaristi dan sakramen lainnya oleh Umat Paroki St Yosep Ayawasi.

Adapun prasasti peresmian gedung gereja ditandatangani oleh otoritas daerah dan otoritas gereja. Otoritas daerah diwakili oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Daya dan Penjabat Bupati Kabupaten Maybrat.

Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi keuskupan Manokwari-Sorong itu dibangun pada tanggal 19 Maret tahun 2015 dan diresmikan pada tanggal 29 Juni 2023 dan menelan waktu pengerjaan 9 tahun 3 bulan. Luas lokasi pembangunan Gedung Gereja St Yoseph Ayawasi seluas 1 hektar dengan rincian : panjang 40 meter, lebar 27 meter dan tinggi bangunan mencapai 27 meter, daya tampung 27 meter, dan pembagunan Gedung Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi keuskupan Manokwari-Sorong menelan biaya sebesar Rp.11 miliar lebih.

Turut hadir dalam peresmian dan pentabisan Gereja Katolik St Yoseph Ayawasi, Uskup Manokwari-Sorong Mgr Hilarion Datus Lega, Pj Gubernur Papua barat Daya, Sekda Papua Barat, Sekda Kabupaten Timika, Sekda Maybrat. Selain itu, juga di hadiri Bupati Asmat Elisa Kambu, Pj Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu, Pj Bupati Sorong Jan Piet Mosso, Pj Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu, Mantan Menteri Lingkungan Hidup, Pj Wali Kota Sorong George Yarangga, anggota DPR Papua Barat Karel Murafer, serta para tamu undangan.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *