Lewat Embarkasi Makassar, 723 CJH Asal Papua Barat-Papua Barat Daya Berangkat ke Tanah Suci

0

Foto bersama CJH asal Papua Barat dan Papua Barat Daya bersama Gubernur Papua Barat dan Gubernur Papua Barat Daya. Foto : Ist/PBDNEWS

Loading

PBDNEWS.COM,MAKASSAR – Sebanyak 723 calon jemaah haji (CJH) asal Papua Barat dan Papua Barat Daya resmi diberangkatkan ke tanah suci melalui embarkasi Makassar.

Para CJH tersebut masuk dalam kelompok terbang (kloter) 19 dan kloter 20 pada musim haji tahun 1444 Hijriah/2013 Masehi di aula Hotel Dharma Nusantara III Makassar.

Di dampingi istri tercinta Roma Megawanty, S.kom, M.Si, Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Papulus Waterpauw, M.Si bersama Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad resmi melepas para CJH dengan penyematan kartu indentitas serta pemberian bendera kloter 19 dan 20 kepada panitia keberangkatan haji.

Untuk memberikan motivasi serta semangat kepada CJH, Paulus Waterpauw memperkenalkan istri Roma Megawanti dan para bupati/wali kota yang hadir di Makassar untuk mengantarkan para CJH, karena dalam kloter 19 dan 20 ini, hampir semua bupati wali kota dari Papua Barat dan Papua Barat Daya hadir.

“Kita ingin menitipkan kepada bapak ibu dan saudara-saudara para jemaah sekalian, calon jemaah haji, bolehlah ketika beribadah untuk menjalankan kewajiban rukun islam yang kelima untuk datang ke tanah suci, kami pemerintah titip untuk mendoakan kami para umat dan pemerintah yang ada di Papua Barat dan Papua Barat Daya,”ucap Waterpauw dalam sambutannya.

Sesuai tema haji tahun ini, yaitu ramah pada lansia, sehingga tim-tim yang sudah dibentuk agar betul-betul mendampingi dan menjaga para lansia yang menunaikan haji serta mematuhi semua aturan dalam perjalanan suci ini.

“Semoga semua jemaah calon haji senantiasa diberikan kesehatan serta kekuatan untuk menjalankan ibadah haji. Terima kasih kepada Kantor Urusan Agama Provinsi Papua Barat dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya haji tahun 1444 H/2023 M,” tambah Paulus Waterpauw.

Sementara itu, Muhammad Musa’ad dalam sambutannya mengatakan, hadirnya semua pimpinan dan kepala daerah yang melepas CJH merupakan wujud perhatian kepada masyarakat.

Haji merupakan suatu wujud pendekatan diri kepada sang pencipta, sehingga harus benar-benar menyiapkan fisik, dan kesehatan.

“Saya juga ingin mengingatkan, cuaca dunia ini sedang mengalami panas ekstrem sehingga perlu disiapkan semua kelengkapan yang mendukung kegiatan haji,”tutur Musa’ad.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Papua Barat, Luksen Jems Mayor mengatakan dengan banyaknya daftar tunggu calon jemaah haji di Papua Barat dan Papua Barat daya sebanyak 11959 dengan masa tunggu selama 17 tahun, pemerintah bisa membantu quota calon jemaah haji untuk tahun depan.

“Kami berharap pimpinan kami bisa membantu menyampaikan kepada pemerintah pusat untuk menambah quota calon jemaah haji di Papua Barat dan Papua Barat Daya,”ujarnya.

Untuk membantu kelancaran perjalan calon haji, Gubernur Waterpauw juga menyerahkan bantuan kepada Kantor Perwakilan Agama Provinsi Papua Barat sebesar Rp.250 Juta.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *