KPU Gelar Diskusi Publik Bersama GMNI Bahas Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Pemilu 2024.

0

Kantor KPU Kota Sorong, Foto IST/PBD

Loading

PBDNEWS.COM, SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong menggelar diskusi publik bersama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) bertempat di Kafe Teras Kayu, Minggu (29/10/2023).

Sebagai narasumber yaitu Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Hilman Djafar bersama Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (Unamin) Dr. A Sakti R.S. Rakia, SH, MH,.

Diskusi publik ini mengangkat tema Optimalisasi Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menyoroti tema yang berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober maka pembahasan diskusi publik ini adalah bagaimana fokus peran pemuda GMNI secara khusus agar mampu mengoptimalisasikan atau mendorong generasi muda untuk terlibat dalam Pemilu.

Yaitu dengan menjadi agent of change atau agen pembaharuan yang mampu berperan aktif dalam memberikan sosialisasi kepada generasi muda lainnya dan juga kepada masyarakat guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 nantinya.

Di awal diskusi, Plh Ketua KPU Kota Angel Mainake memberikan penjelasan singkat terkait Pemilu sebagai sarana demokrasi untuk memilih wakil rakyat yang nantinya akan memimpin bangsa dan negara Indonesia.

Untuk tujuan itu, KPU berharap dapat berkolaborasi dengan GMNI.

“Harapan kami agar pemuda GMNI mampu berkontribusi dan dapat menjadi pemuda-pemudi yang kritis dalam menyikapi secara positif tahapan tahapan Pemilu yang sedang berlangsung hingga nanti tiba pada hari pemilihan umum yang terhitung sisa 107 hari lagi tiba, ke tanggal 14 Februari 2024,” harapnya.

Azas Luber, Langsung Umum Bebas dan Rahasia tetap menjadi hal mendasar yang harus dipegang agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan baik dan lancar.
.
“Mari gunakan hak pilih secara cerdas untuk menghasilkan perubahan yang lebih baik,” ajak Plh Ketua KPU Kota Sorong.

Para narasumber yang memberikan materi secara jelas dan terperinci mendapat tanggapan positif dari anggota GMNI yang hadir, melalui tanya jawab dalam diskusi publik ini.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *