Perdana, Polres Maybrat Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024

0

Kapolres Maybrat bersama Pj Bupati Maybrat meninjau kelengkapan personil dalam rangka operasi mantap Brata Tahun 2023-2024. Foto IST/PBD

Loading

PBDNEWS.COM, MAYBRAT – Kepolisian Resor Maybrat yang defenitif pada tahun lalu ini perdana melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata tahun 2023 -2024 dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Maybrat, Selasa (17/10/2023)

Polres Maybrat yang saat ini memiliki personil -/+ 283 orang termasuk Polsek jajaran Siap mengamankan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Maybrat meskipun dengan minimnya sarana dan prasarana yang ada di Polres maupun Polsek jajaran, namun tidak menjadikan suatu persoalan dalam upaya memberikan jaminan keamanan dan kelancaran pada tahapan dan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Maybrat.

Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja tahun 2023 Polres Maybrat dipimpin oleh Kapolres Maybrat Kompol Ruben Obed Kbarek, S.I.K, Perwira Apel Kabag SDM Polres Maybrat Iptu Muh. Rusli, Komandan Apel KBO Satuan Lantas Polres Maybrat Ipda Ayub Dasem serta di hadiri peserta apel dari personil Satgas Pamtas Yonif 623/BWU, Kodim 1809/Maybrat, BKO Brimob Yon B Pelopor Satuan Brimob Polda Papua Barat, Peleton Dalmas Polres Maybrat, Gabungan Staf dan peleton Gabungan Satuan Reskrim, Intel dan Narkoba serta Peleton dari Dinas Perhubungan Pemda Maybrat dan Bandara Ayawasi.

Hadir juga dalam acara tersebut PJ. Bupati Maybrat Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos, M.Si, PJ. Sekda Maybrat Ferdinandus Taa, S.H, M.Si, Komandan Satgas Pamtas Yonif 623/BEU Letkol Inf Dimas Yamma Putra, Kabinda Maybrat Letkol Rofiq, Ketua Klasis GKI Aifat Pendeta Seprianus Assem, S.Si.Teol, Ketua dan Komisioner KPUD Maybrat, Ketua dan Komisioner Bawaslu Maybrat, Pimpinan OPD Pemda Maybrat, Danki BKO Brimob Yon B Pelopor Satuan Brimob Polda Papua Barat, PJU dan Para Kapolsek Polres Maybrat.

Kapolres Maybrat Kompol Ruben Obed Kbarek, S.IK membacakan amanat Kapolri sbb :

Pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.

Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi. Siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara pemilu, apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian.

Terorisme juga harus menjadi perhatian serius.Pada penyelenggaraan Pemilu 2019 terdapat 6 aksi serangan teror dan ini tidak boleh terjadi di Pemilu 2024. Terlebih saat ini perang antara Hamas dengan Militer Israel sedang ber eskalasi, dimana hal ini dapat berdampak terhadap situasi di Indonesia. Optimalkan preventif strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada Pemilu 2024.

Selanjutnya terkait tindak pidana pemilu, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar Sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Kapolres Maybrat Kompol Ruben Obed Kbarek, S.I.K juga menyampaikan kepada Pemda Maybrat, DPRK Maybrat, KPUD Maybrat, Bawaslu Maybrat dan seluruh stekholder dan warga masyarakat Kabupaten Maybrat untuk bersama sama dan bekerjasama dalam mendukung keamanan dan kelancaran setiap tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Maybrat.

” Karena keamanan di Kabupaten Maybrat tidak bisa terjadi apabila tidak ada kerjasama dan sinergitas yang baik dan solid dari kita semua, mari bapa, mama, kaka , adik kita sama sama bergandengan tangan untuk wujudkan Maybrat yang aman dan Pemilu yang damai di Kabupaten Maybrat, ungkap Kompol Ruben.”

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, Kapolres Maybrat di dampingi PJ.Bupati Maybrat bersama tamu undangan berkenan memeriksa pasukan serta mengecek kesiapan Sarana Prasarana Polres Maybrat yang nantinya akan digunakan sebagai perangkat pendukung guna suksesnya Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Maybrat.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024 selesai dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Simulasi Sispamkota Polres Maybrat.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *