Harga Ikan di Jembatan PPI Kota Sorong Kembali Normal

0

Nampak Ikan Tuna Yang Di Jual Oleh Nelayan di. Jembatan PPI Kota Sorong( Foto: Doni Kumuai/ Pbdnews)

Loading

PBDNEWS.COM, SORONG-Beberapa waktu lalu harga ikan laut sempat melonjak hingga 100 persen, tetapi sekarang harganya mulai turun, bahkan beberapa sudah kembali ke harga normal per-ekor

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Ikan Jembatan Puri (PPI) Kota Sorong Fadli yang diwawancara media ini Minggu (10/3/24) mengatakan penurunan harga Ikan laut disebabkan oleh pasokan yang cukup besar karena tangkapan nelayan yang meningkat.

Aktifitas Jual Beli Jembatan PPI kota Sorong( foto: Doni Kumuai/Pbdnews)

Ia mengatakan bahwa pasokan Ikan berbagai jenis sedang melimpah. Hasil tangkapan Nelayan dari laut juga cukup banyak.

Fadil menjelaskan bahwa harga Ikan, seperti Tuna, telah turun drastis dari Rp 300.000 / ekor menjadi Rp 200.000–/ekor.
Harga Ikan tongkol juga turun dari Rp 80.000/tumpuk menjadi Rp 50.000/ tumpuk

Sementara Ikan Bawal, Ikan Tola yang sebelumnya dijual sempat Rp 250.000 turun menjadi Rp100.000 / ekor. Kecuali Ikan Kakap merah berukuran besar dan jenis Ikan Batu lain nya masih mahal Rp. 300.000 / ekor karena stoknya terbatas. Jelasnya

Menurut pedagang Ikan lainnya di Pasar Ikan jembatan Puri Kota Sorong, Akbar mengatakan, keadaan laut saat ini cukup normal, pasokan Ikan pun jadi melimpah ruah, akibatnya harga Ikan juga turut berangsur-angsur turun.

Salah Seorang Pedagang Ikan Sedang Menunggu Konsumennya( foto: Doni Kumuai/Pbdnews)

Murahnya harga Ikan laut ini membuat penjualan Ikan di Pasar meningkat. Itu karena stoknya banyak dan semua jenis Ikan juga tersedia. Sedangkan untuk Udang juga mengalami penurunan dari yang biasa ukuran sedang 65 ribu menjadi 45-50 ribu per-kilonya.

“Kalau nelayan mulai melaut seperti sekarang ini otomatis stok Ikan sangat banyak. Otomatis harganya pun akan turun. Kalau stok lagi banyak, maka pembeli bisa memilih jadinya,” kata Akbar yang juga menyebutkan ia bisa menjual habis Ikan 50 ekor untuk satu jenis saja dalam sehari.

Meski begitu, ada pula pedagang ikan lainnya yang menuturkan bahwa harga Ikan saat ini sedang mengalami pasang surut. Hal itu lantaran kondisi cuaca yang tak menentu hingga menyebabkan hasil tangkapan nelayan bisa saja kurang baik nantinya.

“Harga Ikan laut ini kan mengalami pasang surut. Tergantung daripada faktor cuaca. Apalagi cuaca belakangan ini, tak menentu. Naik turunnya harga Ikan segar dipengaruhi hasil tangkapan nelayan. Kalau sekarang memang lagi banyak, harganya pun pasti turun lah,” pungkas Aly.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *