95 Hari Menjelang Pemilu 2024, Masyarakat Diminta Berpatisipasi Awasi Politik Uang

0

Loading

PBDNEWS.COM, RAJA AMPAT – Menjelang 95 hari menuju Pemilu 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Raja Ampat gelar sosialisasi di Distrik Batanta Selatan. Giat tersebut bertempat di Balai Pertemuan Kampung Yenenas, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan sosialisasi pemilu kepada pemilih di Distrik Batanta Selatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Raja Ampat, Abdul Manaf Wihel, S.Pd,. M.Si.

Dalam sambutannya mantan Kepala Distrik Misool Barat itu mengingatkan masyarakat distrik Batanta Selatan bahwa kegiatan sosialisasi pemilu sangat penting. Ia menjelaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja berkewajiban untuk turut serta berperan aktif dalam memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat Raja Ampat tentang tahapan pemilu 2024.

Lebih lanjut mantan guru didik itu berharap masyarakat yang hadir dan mengikuti sosialisasi dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang tidak sempat hadir pada saat sosialisasi.

“Jadi saya harap bapak/ibu yang hadir hari ini dapat menyampaikan informasi sosialisasi ini kepada bapak/ibu yang tidak hadir,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Raja Ampat Divisi HP2H Bawaslu Raja Ampat, Rizki Ibrahim mengingatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan money politik atau politik uang. Kata Rizky Ibrahim Money Politik merupakan salah satu bentuk pelanggaran pemilu yang perlu di hindari.

“Jadi saya kasih ingat bapak ibu untuk ikut serta mengawasi politik uang,” ujar Rizky Ibrahim.

Ditempat yang sama, Plt Sekretaris KPU Raja Ampat, Wehelmina Sauyai terus mengajak Masyarakat untuk untuk memberikan hak suara pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024. Kata dia, satu suara menentukan lima tahun pembangunan bangsa.

“Bapak/ibu ingat, tanggal 14 Februari jangan pergi kemana-mana, pergi ke TPS untuk gunakan hak suara pada Pemilu 2024,” Ungkapnya.

Wehelmina menjelaskan Pemilu 2024 berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Pemilu 2024 Masyarakat akan datang ke TPS dan mendapatkan lima surat suara untuk memilih Presiden dan wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi Papua Barat Daya, dan DPR Kabupaten Raja Ampat.

” Pada tanggal 14 Februari bapak ibu datang ke TPS, bapak/ibu akan menerima lima surat suara. Didalam surat surat hanya nama dan nomor calon legislatif, tidak ada foto kaya pemilu dulu lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekretaris KPU Raja Ampat menjelaskan warna surat suara pemilu 2024, kata dia surat suara warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Warna merah untuk surat suara pemilu anggota DPD, warna kuning untuk surat suara anggota DPR, warna biru untuk surat suara anggota DPRD provinsi, dan warna hijau untuk surat suara anggota DPRD Kabupaten/Kota.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *