Sosialisasi di Salawati Utara, Bawaslu Raja Ampat Sebut Masyarakat Kunci Keberhasilan Pemilu 2024

0

Loading

PBDNEWS.COM, RAJA AMPAT – Masyarakat merupakan kunci suksesnya Pemilu 2024 sehingga perlu dilibatkan secara langsung dalam setiap proses tahapan hingga pelaksanaan pemungutan suara. Hal ini didasari oleh berbagai peraturan pemilu baik Perbawaslu, PKPU hingga Peraturan Perundangan – Undangan.

Hal tersebut disampaikan Divisi HP2H Bawaslu Raja Ampat, Rizki Ibrahim di balai pertemuan Kampung Samate Distrik Salawati Tengah dalam rangkah sosialisasi tahapan pemilu 2024 yang dihitung mundur waktunya tersisa 96 hari.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk bagaimana keterlibatan masyarakat dalam tahapan pemilu hingga hari pencoblosan, karena Masyarakat merupakan kunci suksesnya penyelenggaraan Pemilu,” ujar Rizky Ibrahim.

Ditambahkannya, Pemilu merupakan salah satu sarana kedaulatan rakyat untuk memlih Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Untuk itu, semua pihak diminta untuk mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu hingga selesai dan menghasilkan hasil yang baik.

Sementara itu, Plt Sekretaris KPU Raja Ampat Wehelmina Eka Sauyai mengatakan Pemilu 2024 sedikit berbeda dengan Pemilu sebelumnya, dimana Pemilu 2024 Pemilih dihadapkan dengan lima surat suara dengan warna yang berbeda untuk memilih Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kita.

“Jadi bapak ibu harus pahami warna surat suara dalam pemilu 2024 yaitu, warna abu-abu untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, Warna merah untuk surat suara pemilu anggota DPD, warna kuning untuk surat suara anggota DPR, warna biru untuk surat suara anggota DPRD provinsi, dan warna hijau untuk surat suara anggota DPRD kabupaten/kota,” lanjutnya.

Di pembukaan kegiatan sosialisasi, Kepala Badan Kesbangpol Raja Ampat, Abdul Manaf Wihel, S.Pd,. M.Si mengapresiasi kadiran masyarakat Distrik Salawati Utara yang hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi. Sebab lanjut dia, Sosialisasi tahapan Pemilu 2024 sangat penting.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk kita semua untuk bagaimana mengetahui tentang tahapan pemilu 2024 yang di sampaikan oleh KPU Raja Ampat tentang tahapan dan Bawaslu Raja Ampat tentang pelanggaran dan aturan terkait pemilu 2024,” ungkapnya.

Abdul Manaf Wihel berharap masyarakat yang hadir untuk mengikuti sosialisasi dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat yang tidak sempat hadir terkait tahapan pelaksanaan pemilu 2024.

“Bapak/Ibu dan adik-adik yang hadir pada sosialisasi ini, saya berharap bisa sampaikan kepada saudara-saudara kita yang tidak sempat hadir,” tutupnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *